Asuransi kesehatan Cashless untuk Rawat Jalan

Asuransi kesehatan Cashless Untuk Rawat Jalan
Source image: saungbisnis.com

Ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai asuransi untuk kesehatan sebelum Anda memutuskan menggunakannya. Salah satunya adalah fakta bahwa asuransi untuk kesehatan ini memiliki dua jenis metode pertanggungan bernama asuransi kesehatan Cashless dan asuransi kesehatan Reimbursement.

Cashless adalah metode pertanggungan asuransi dimana orang yang menggunakan asuransi itu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya apa pun lagi untuk pengobatan di rumah sakit sendiri karena semuanya sudah akan langsung ditanggung oleh pihak asuransi. Sementara itu, Reimbursement adalah metode pertanggungan asuransi dimana nasabah asuransi itu harus mengeluarkan biaya pengobatan sendiri terlebih dahulu kemudian mendapatkan uang pergantian dari pihak asuransi sejumlah biaya yang dikeluarkannya. Sekilas, mungkin kedua metode pertanggungan asuransi ini terlihat sama saja atau malah sangat berbeda. Berbeda karena jenis yang satu harus mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu dan yang satunya lagi tidak. Sama saja karena bagaimana pun, pertanggungan asuransi yang diberikan oleh pihak asuransi adalah sama.

Perbedaan metode pertanggungan asuransi itu terkadang membuat yang satu lebih unggul dari pada yang lain, tergantung dari bagaimana kebutuhan dan kemauan nasabahnya. Meskipun demikian, asuransi kesehatan Cashless pada umumnya lebih menarik minat nasabah asuransi dibanding Reimbursement karena lebih praktis.
Selain itu, asuransi kesehatan Cashless lebih menguntungkan untuk jenis jaminan asuransi rawat jalan karena kepraktisannya itu. Anda mungkin sudah tahu apa itu yang dimaksud rawat jalan. Rawat jalan adalah usaha pengobatan atau perawatan di rumah sakit dimana pasien tidak perlu menginap (opname) di rumah sakit, hanya perlu mengunjungi atau mendatangi rumah sakit setiap ia butuh perawatan atau pengobatan.

Rawat jalan biasanya tidak membutuhkan biaya banyak atau setidaknya tidak sebanyak biaya pengobatan rawat inap. Akan tetapi, jika pengobatan rawat jalan itu harus dilakukan secara rutin untuk jangka waktu yang lama, bisa Anda bayangkan pula berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuknya. Selain itu, bagaimana jika pada suatu saat, Anda kebetulan tidak mempunyai uang sama sekali untuk membayar biaya pengobatan rawat jalan sendiri terlebih dahulu? Adanya asuransi kesehatan Cashless untuk rawat jalan inilah yang bisa menjadi solusi terbaik Anda.

Rawat jalan mungkin merupakan salah satu cara berobat yang paling sering dilakukan. Hal itu bisa Anda lihat sendiri di rumah sakit, dari banyaknya orang yang silih berganti datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lalu mendapatkan resep dokter. Nah, adanya jaminan rawat jalan dalam asuransi kesehatan dengan metode pertanggungan Cashless tentunya akan sangat membantu Anda atau mempermudah kegiatan berobat Anda jika suatu saat Anda butuh rawat jalan di rumah sakit. Bagaimana pun, apa pun jenis asuransi kesehatannya, Anda akan menjadi lebih terlindungi dan terjamin dengan menggunakannya dibanding jika Anda tidak memiliki perlindungan asuransi sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *