Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus Untuk Anda

Asuransi kesehatan
Image Source Bosowaasuransi

Sekarang sudah banyak asuransi kesehatan yang menawarkan dan mempromosikan fasilitas yang dimilikinyalewat berbagai media. namun tahukan anda bagaimana cara menentukan asuransi kesehatan yang bagus? Ada waktunya anda sudah cocok, tetapi ada beberapa hal yang tak dapat dipertimbangkan lagi.

Sedia payung sebelum hujan. Inilah ungkapan yang cocok bila kita mempunyai perencanaan matang dalam mengantisipasi resiko yang tidak anda inginkan termasuk hal pembiayaan kesehatan. Di zaman yang serba modern, memiliki asuransi kesehatan tampaknya sangat perlu mengingat biaya perawatan dan pengobatan semakin mahal dan tidak dapat terkendali.

Oleh Sebab Itu, Berikut Adalah Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus dan Tepat:

1. Bonadifitas dan Track Record

Menjamurnya asuransi kesehatan, membuat anda bingung untuk menentukan asuransi yang pas dan cocok bagi anda. Ada yang melalui proses penawaran langsung, ada pula yang biasanya lewat kartu kredit. Kita sebagai konsumen harus benar – benar pintar dalam menentukan asuransi. Cermati keuntungan apa yang bisa anda dapat dari perusahaan asuransi itu.
Apakah perusahaan asuransi tersebut bekerja sama dengan salah kartu kredit tersebut cukup bonafide dan telah mempunyai pengalaman? Jangan sampai, ketika Anda mengalami gangguan kesehatan dan mengajukan klaim, prosesnya malah ribet. Bahkan menyulitkan Anda. Jadi, untuk menentukan perusahaan asuransi kesehatan, ada dua hal yang harus di perhatikan, yaitu bonafiditas dan track record-nya.

2. Tabungan dan Investasi

Asuransi kesehatan sekarang ini banyak menawarkan pilihan mengenai pelayanan asuransi kesehatan. Ada yang memberikan jaminan pembiayaan disaat sakit, ada yang menggabungkannya dengan layanan tertentu. Yang perlu anda ingat adalah bahwa premi asuransi akan bertambah dengan meningkatnya usia calon nasabah. Usahakan untuk daftarkan diri Anda pada asuransi kesehatan saat masih muda.

3. Asuransi Kesehatan dan Rumah Sakit 

Anda juga harus melihat rumah sakit yang bekerja sama pada perusahaan asuransi kesehatan tersebut. Semakin banyak bekerja sama, maka semakin baik perusahaan asuransi tersebut.

4. Apple to Apple

Bandingkan lah perusahaan asuransi yang satu dengan asuransi yang lain (apple to apple). Jika  terdapat deductible (biaya sendiri), hitung berapa besar biaya deductible yang akan dikenakan. Bandingkan juga dengan pengurangan atau penghematan biaya preminya.

5. Cepat Membayar Klaim dan Menyairkan Klaim

Bertanya pada beberapa pihak pengelola di rumah sakit atau dokter praktik yang ada di sekitaran Anda. Carilah informasi perusahaan asuransi yang membayar klaim asuransi paling mudah dan cepat. Karena hal tersebut akan menentukan tingkat pelayanan rumah sakit pada Anda. Selain itu, Anda juga harus melengkapi informasi serta data yang lengkap dari rumah sakit sebagai bukti perawatan untuk diklaimkan

6. Penggantian Secara Komplit

Banyak asuransi kesehatan yang kasih penggantian rawat inap saja dan ada juga yang mengganti secara keseluruhan. Jika Anda sering mengalami sakit – sakitan dan pergi ke dokter, ada baiknya Anda mengambil asuransi kesehatan yang memberikan penggantian secara komplit. Namun bila Anda jarang mengalami gangguan kesehatan, untuk menekan premi, cukup ambil saja asuransi kesehatan yang memberikan penggantian rawat inap saja.

Demikianlah beberapa cara tentang  memilih asuransi kesehatan yang bagus dan baik. Pastikan memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, secara hati – hati. Paling tidak gunakan uraian tersebut sebagai panduan. Semoga bermanfaat.

( Baca Juga: http://asuransikami.com/tips-memilih-asuransi-kesehatan-murni/ )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *