Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Rental

Cara Manghitung Asuransi Mobil
Source : Cermati

Premi asuransi mobil adalah biaya yang harus dibayarkan jika Anda menggunakan asuransi untuk mendapatkan pertanggungan asuransi. Biaya premi yang harus dibayarkan ini sangatlah bervariasi dan Anda bisa memilih untuk membayarnya per tahun atau per bulan. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir rugi akibat pembayaran premi yang harus rutin dilakukan ini karena jaminan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi adalah sebanding dengan harga yang dibayarkan. Bahkan sebenarnya, harga premi yang harus Anda bayar itu hanya merupakan sebagian kecil saja dari pertanggungan atau penjaminan yang bisa Anda dapatkan nantinya jika terjadi sesuatu resiko pada mobil Anda.

Logikanya adalah seperti ini: jika suatu saat mobil Anda “mungkin” mengalami suatu resiko seperti kerusakan akibat kecelakaan yang pada zaman dengan mobilitas tinggi seperti sekarang ini merupakan suatu permasalahan yang cukup beresiko, Anda bisa mengalami kerugian yang tidak sedikit. Biaya perbaikan mobil tersebut bisa saja tidak sedikit, belum lagi pertanggungjawaban hukum oleh pihak ketiga juga (jika ada yang terlibat) yang juga harus Anda tanggung sendiri, serta detil-detil kerugian lainnya, termasuk keselamatan diri Anda (Dan setiap penumpang dalam mobil Anda pada saat itu) juga. Kesemua itu bisa menyebabkan kerugian yang sangat berarti jika Anda tidak menggunakan asuransi. Berbeda ketika Anda sudah mendaftarkan mobil Anda itu untuk asuransi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan resiko-resiko semcam itu karena sudah ada perusahaan asuransi yang menanggung.

Tidak hanya mobil pribadi yang beresiko seperti itu dan memerlukan perlindungan terbaik dari asuransi, mobil untuk keperluan bisnis seperti mobil rental (sewaan) pun perlu bahkan lebih memerlukan perlindungan asuransi dibanding mobil pribadi biasa. Hal ini disebabkan oleh fungsi dan pemakaiannya juga yang lebih beresiko dibanding mobil pribadi biasa. Lalu, dengan resiko yang lebih rentan tersebut, apakah harganya sama?

Pada dasarnya, beginilah cara menghitung asuransi mobil:

1. Pertimbangkan kondisi mobil saat itu

Merek mobil, jenis mobil, dan segala identitas mobil lainnya sangat penting di sini dalam menentukan premi asuransi mobil karena kesemua identitas mobil itu juga lah yang mempengaruhi harga atau nilai suatu mobil yang berpengaruh langsung pada jaminan yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi. Dilihat juga seberapa besar resiko yang mungkin terjadi pada mobil itu: semakin besar resiko maka semakin tinggi pula harga premi asuransinya. Usia mobil yang lebih tua memiliki resiko yang lebih rentan dibanding mobil yang lebih baru, dan lain sebagainnya.

2. Cara menghitung asuransi mobil dengan memperhatikan OJK

Setelah mengetahui dengan persis kondisi mobil dan mengetahui nilai tau harga mobil itu secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan rumus perhitungan mobil dengan memperhatikan rate persenan asuansi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Caranya yaitu dengan mengalikan persenan OJK itu dengan nilai mobil Anda, maka keluarlah kira-kira berapa harga premi yang harus dibayar.

Untuk mobil rental sendiri, harganya mungkin akan sedikit berbeda dengan harga asuransi untuk mobil pribadi biasa karena alasan yang telah saya sebutkan sebelumnya. Dan, jika mobil rental yang diasuransikan lebih dari satu, jumlah mobil itu juga mempengaruhi harga premi. Biasanya, perusahaan asuransi akan memberikan diskon jika mobil yang diasuransikan itu lebih dari satu. Demikianlah kiranya cara menghitung asuransi mobil di artikel “cara menghitung asuransi mobil rental” ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

  1. Simulasi Premi Asuransi Mobil Bekas
  2. Cek Perhitungan Premi Untuk Asuransi Mobil
  3. Cek Isi Polis Asuransi Mobil Yang Diberikan Kepada Anda

3 thoughts on “Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Rental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *