Cara Mudah Menghitung Premi Asuransi Motor

Premi asuransi motor murah terbaik
Image Source : Cekpremi

Asuransi Kami – Untuk Anda yang masih bingung mengenai pembayaran premi asuransi motor atau bagaimana perhitungannya, Anda datang ke tulisan yang tepat. Di sini akan dibahas bagaimana cara menghitung asuransi motor.

Pertama, akan dibahas apa itu “premi”. Premi adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun (tergantung jenis asuransi yang Anda gunakan). Kisaran harga premi adalah bermacam-macam, tergantung dari motor yang diasuransikan (kondisinya, usianya, penggunaannya, dan sebagainya) dan dari jenis asuransi yang Anda pilih sendiri .

Secara garis besar, ada dua jenis asuransi. Yang pertama adalah asuransi TLO atau Total Loss Only yang -hanya- memberikan pertanggungan jika motor Anda hilang atau rusak total atau rusak parah (di atas 75 %) dan asuransi All Risk yang akan menanggung -semua- resiko yang terjadi pada motor Anda, selama masih masuk ke dalam ketentuan perusahaan asuransi. Dilihat dari fakta tersebut, sudah sangat jelas bahwa asuransi All Risk pastilah lebih mahal dari pada asuransi TLO. Harga premi asuransi TLO untuk motor biasanya dimulai dari Rp. 300.000 dan untuk All Risk adalah Rp. 600.000.

Bagaimana Cara Menghitung Premi Asuransi Motor?

Premi dihitung selama satu tahun (12 bulan) dengan rumus:
Uang Pertanggungan (harga dan nilai motor) x suku premi per tahun (persen).

Selain cara manual atau yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa melihat langsung daftar harga premi asuransi motor di rate OJK (Otoritas Jasa Keuangan) milik pemerintah dan bisa membandingkan apakah harga asuransi yang telah ditawarkan itu sudah sesuai dengan peraturan atau tidak. Untuk lebih mudahnya, Anda juga bisa mengunjungi website portal salah satu media pembanding asuransi yang akan memperlihatkan secara detil biaya premi dari asuransi yang Anda inginkan, dan bahkan bisa memesan langsung dari sana agar tidak perlu repot lagi langsung mendatangi perusahaan asuransi.

Begitulah kiranya cara menghitung harga premi asuransi untuk motor. Pastikan Anda memahami betul hal ini sebelum Anda menggunakan asuransi agar tidak tertipu mengenai berapa harga asuransi yang harus Anda bayarkan ini karena berbeda motor, kondisi motor dan usia motor, harga preminya juga berbeda. Untuk cara menghitung harga premi asuransi untuk motor ini sebenarnya tidak perlu repot-repot Anda pikirkan, karena harganya pasti sudah langsung ditawarkan oleh pihak suransi. Namun alangkah baiknya Anda juga mengetahui hal ini agar terhindar dari penipuan seperti diberikan harga premi yang lebih mahal dari pada seharusnya.

Dengan harga premi yang Anda bayarkan tersebut, Anda sudah akan terbebas dari biaya atau mendapatkan jaminan berupa:

  1. Kerusakan akibat kecelakaan seperti tertabrak atau tabrakan, terbentur, terperosok, dan sebagainya.
  2. Perbuatan jahat orang lain seperti pencurian, pembegalan, dan lain-lain.
  3. Kerusakan akibat musibah bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya.
  4. Dan resiko lainnya yang masih masuk ke dalam ketentuan asuransi.

 

Note : Jika artikel ini menurut anda berguna dan bermanfaat silahkan di share, agar yang sedang mencari informasi ini bisa lebih mudah menemukannya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *