Cek Isi Polis Asuransi Mobil Yang Diberikan Kepada Anda

Polis Asuransi Mobil
Image Source : slideplayer

Untuk menggunakan asuransi, Anda harus pintar-pintar dalam menentukan asuransi apa yang paling cocok dengan Anda. Jangan sampai Anda salah memilih asuransi, karena salah pilihan akan merugikan Anda, bukannya menguntungkan. Salah satu hal yang perlu Anda cermati sebelum memilih asuransi adalah polis asuransinya. Ya, semua jenis asuransi pasti memiliki polis, termasuk polis asuransi mobil.

Apa yang dimaksud dengan polis asuransi mobil?

Polis asuransi mobil adalah dokumen kesepakatan tertulis mengenai antara pihak perusahaan asuransi dan pihak tertanggung asuransi (nasabah asuransi) mengenai segala sesuatu mengenai asuransi mobil Anda itu atau mengenai segala rincian yang terdapat dalam asuransi atau dalam kata lain: kontrak asuransi.

Apa saja yang harus ada dalam isi polis asuransi mobil?

1. Identitas mobil
Identitas mobil Anda tentu saja harus ada dalam polis asuransi mobil karena asuransi ini menyangkut mobil Anda itu sendiri. Selain merupakan data penting untuk pertanggungan asuransi nantinya, identitas mobil ini juga untuk menentukan berapa harga premi yang bisa ditawarkan oleh perusahaana asuransi, juga berapa kira-kira nilai untuk pertanggungan jaminannya.

2. Kesepakatan harga premi
Kesepakatan harga premi antara Anda dan perusahaan asuransi merupakan hal terpenting kedua yang harus ada dalam polis asuransi. Hal ini untuk menekankan bahwa harga tersebut merupakan kewajiban Anda sebagai tertanggung asuransi untuk membayar premi.

3. Sistem pembayaran premi
Bagaimana Anda akan membayar premi: per bulan atau per tahun.

4. Jenis asuransi
Apa jenis asuransi yang Anda gunakan, apakah itu asuransi Total Loss Only (TLO) atau asuransi All Risk. Hal ini penting guna menekankan perusahaan asuransi jenis pertanggungan atau jaminan asuransi seperti apa yang harus Anda dapatkan.

5. Pertanggungan apa saja yang diberikan
Masih berhubungan dengan poin ke empat di atas. Dalam polis asuransi, pertanggungan-pertanggungan atau jaminan apa saja yang bisa diberikan atau dicover oleh perusahaan asuransi harus ada. Dengan begini, “nasib” atau keberlangsungan mobil Anda jika suatu saat nanti mengalami resiko rusak karena kecelakaan atau hilang karena pencurian akan jelas bisa tertanggung atau tidak. Karena, dalam sebuah asuransi, tidak semua resiko bisa ditanggung. Perusahaan asuransi memiliki batasan-batasan guna menghindari kerugian untuk asuransi itu sendiri, dan pastinya, menanamkan rasa tanggung jawab di diri pemilik kendaraan agar tidak sepenuhnya bergantung pada perusahaan asuransi.

6. Batasan dan perluasan
Karena dalam asuransi ada yang namanya batasan, hal ini juga harus ada dalam polis asuransi agar jelas. Lalu, selain batasan, ada juga yang namanya perluasan asuransi dimana jaminan-jaminan dasar yang Anda dapat dalam asuransi itu diperluas atau dimana Anda bisa mendapatkan cakupan jaminan yang lebih luas. Perluasan asuransi ini adalah optional, Anda bisa gunakan atau tidak gunakan.

Baca Juga :

  1. Cek Perhitungan Premi Untuk Asuransi Mobil
  2. Simulasi Premi Asuransi Mobil Bekas
  3. Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Rental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *