Cek Perhitungan Premi Untuk Asuransi Mobil

Perhitungan Asuransi Mobil
Source : digipat

Sebelum membeli asuransi mobil, terlebih dahulu Anda harus mengecek harga preminya. Kenapa? Karena harga premi berkaitan langsung dengan biaya yang harus Anda keluarkan ke depannya. Ya, untuk mendapatkan pertanggungan asuransi, ada premi yang menjadi kewajiban Anda ketika jaminan asuransi berserta segala kemudahan dari pelayanannya merupakan hak Anda. Premi adalah biaya yang harus rutin Anda bayarkan untuk mendapatkan pertanggungan asuransi. Premi asuransi mobil bisa dibayarkan secara rutin per bulan atau per tahun sesuai pilihan Anda. Umumnya, seseorang akan memilih pembayaran per tahun untuk lebih praktis, tapi banyak juga orang yang memilih pembayaran per bulan karena lebih murah. Yang paling utama dari mengecek harga premi adalah agar Anda bisa mendapatkan harga asuransi yang paling cocok dengan Anda.

Berikut ini adalah cara-cara mengecek perhitungan asuransi mobil untuk mendapatkan harga premi:

1. Ketahui nilai mobil Anda

Coba Anda pahami betul kondisi mobil Anda dan ketahui nilai mobil Anda, terutama nilai mobil yang saat itu berlaku di pasaran. Merek mobil, jenis mobil, tahun mobil, wilayah mobil (nomor plat mobil) adalah apa-apa saja yang dinilai atau dipertimbangkan oleh perusahaan asuransi dalam menentukan harga premi mobil Anda. Semakin mahal nilai atau harga mobil, maka semakin besar pula pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi dan akan semakin tinggi pula rate harga preminya. Resiko yang mungkin terjadi pada mobil juga merupakan pertimbangan yang penting di sini. Semakin besar resiko suatru mobil, maka semakin tinggi pula rate harga preminya.

2. Lihat ketentuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Khusus untuk asuransi mobil, OJK yang merupakan salah satu lembaga milik pemerintah ini sudah memberikan rate harga yang harus digunakan oleh perusahaan asuransi untuk menentukan harga premi. Rate ini dalam bentuk persenan dan nantinya akan dikalikan oleh nilai mobil Anda sehingga mendapatkan suatu harga yang merupakan kisaran premi untuk mobil Anda.

Demikianlah kiranya cara umum untuk melakukan perhitungan asuransi mobil untuk mendapatkan harga premi. Dengan mengetahui informasi seperti di atas, setidaknya Anda akan tahu kisaran harga yang tepat untuk mobil Anda dengan mencoba melakukan perhitungan asuransi mobil dengan prinsip tersebut. Setelah Anda mengetahui hal ini dengan betul, Anda akan bisa tahu apakah harga premi asuransi yang ditawarkan oleh suatu perusahaan asuransi sudah tepat atau belum.

Namun, selain hal-hal tersebut di atas, ada satu lagi yang harus Anda perhatikan, yaitu pelayanan yang diberikannya karena cakupan pelayanan atau jaminan yang diberikan ini berpengaruh juga pada harga yang diberikan. Asuransi yang memiliki cakupan jaminan dan pelayanan yang lebih luas pastilah memiliki harga yang lebih tinggi dibanding yang cakupannya lebih sempit.

Baca Juga :

  1. Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Rental
  2. Simulasi Premi Asuransi Mobil Bekas
  3. Cek Isi Polis Asuransi Mobil Yang Diberikan Kepada Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *