Pengertian Jaminan Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi Kesehatan Rawat Inap
Image Source : pchonline

Asuransi kesehatan, secara garis besar, mempunyai dua jenis jaminan kesehatan yaitu jaminan asuransi kesehatan rawat inap dan jaminan kesehatan rawat jalan. Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai jaminan kesehatan rawat inap terlebih dahulu. Apa pengertiannya, dan sekaligus bagaimana jaminan asuransi kesehatan rawat inap itu diberikan dan penilaian pembayaran preminya juga.

Yang dimaksud asuransi kesehatan rawat inap adalah jaminan segala biaya pengobatan yang dirawat inap. Ketika seseorang mengalami sakit yang mengharuskan dia untuk dirawat inap di rumah sakit, orang itu tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya-biayanya ‘jika’ dia menggunakan asuransi kesehatan dimana jaminan asuransi kesehatan rawat inap termasuk di dalamnya.

Biaya rawat inap, seperti yang Anda sudah tahu, dihitung dari berapa malam si pasien menginap untuk dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan. Biaya rawat inap sendiri sangat bervariasi, tergantung dari tingkatan atau level kamar perawatan yang digunakannya. Level 1 bisa dibilang merupakan level tertinggi dan semakin ke bawah levelnya dari level 1 maka semakin rendah harga preminya. Tidak hanya biaya kamar, biaya perawatan seperti pemerikasaan dokter, pemberan obat-obatan dan lainnya seperti contoh: pemeriksaan di laboraturium, dihitung juga di sini. Total dari biaya tersebut merupakan keseluruhan biaya rumah sakit yang harus dibayar. Nah, jaminan asuransi kesehatan rawat inap lah yang bisa membantu Anda menanggung biaya itu jika Anda menggunakan asuransi.

Penggunaan asuransi sesungguhnya sangat membantu dalam menghadapi setiap resiko kesehatan, yang tepatnya berhubungan dengan kendala biaya. Jika pada suatu saat terjadi hal yang menyebabkan Anda harus segera dirawat di rumah sakit yang biayanya juga tidak sedikit, Anda bisa tertolong dengan adanya asuransi ini. Bisa saja ketika terjadi resiko tersebut, Anda tidak mempunyai uang sama sekali, untuk menghindari hal tersebut dan menghindari terlambatnya penanganan di rumah sakit yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda, Anda bisa menggunakan asuransi untuk kesehatan.

Asuransi kesehatan-selain dapat menghindarkan Anda dari kerugian atau ‘kebingungan’ finansial jika terjadi suatu resiko-dapat membuat kesehatan Anda terjamin karena jaminan pengobatan dari pihak perusahaan asuransi itu juga. Jadi, tidak perlu diragukan lagi jika asuransi ini merupakan solusi perlindungan terbaik bagi Anda dan keluarga Anda.

Jenis jaminan lain yang bisa diberikan oleh pihak asuransi untuk kesehatan Anda adalah jaminan rawat jalan (seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya di atas), jaminan rawat gigi, hingga jaminan melahirkan. Kesemua jaminan tersebut memang merupakan apa-apa saja jaminan penting yang patut dimiliki oleh si tertanggung asuransi unutk mendapatkan perlindungan menyelurah. Tidak perlu Anda pusing lagi untuk memikirkan kemungkinan resiko-resiko tersebut karena suadah ada cara mudah untuk mengantisipasinya.

Baca Juga : 5 Perlindungan Asuransi Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *