Premi Asuransi Mobil; Cara Menghitung, Simulasi, Perhitungan

Premi Asuransi Mobil
Source : cars insurance premiums

Di dalam dunia asuransi, ada istilah “premi”. Premi adalah harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan pertanggungan asuransi atau bisa dibilang premi merupakan tabungan masa depan Anda atas resiko apapun itu yang dapat terjadi pada apa yang diasuransikan, atau dalam hal ini adalah mobil. Bedanya menggunakan asuransi dengan menabung sendiri adalah bahwa jika dengan menabung sendiri Anda hanya bisa mendapatkan uang sebesar yang ditabung itu untuk menanggulangi resiko pada mobil Anda, sedangkan dengan menggunakan asuransi mobil Anda bisa mendapatkan berapa pun itu pertanggungannya asalkan masih dalam batas pertanggungan perusahaan asuransi.

Karena premi asuransi itu berhubungan langsung dengan biaya yang harus Anda keluarkan, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu berapa harga premi itu sebelum Anda membeli asuransi. Harga premi asuransi memang akan langsung diberitahukan kepada Anda oleh perusahaan asuransi, tapi ada baiknya bagi Anda untuk mengira-ngira atau melakukan perhitungan sendiri terlebih dahulu agar Anda bisa tahu apakah harga premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi itu sudah sesuai atau belum. Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan melakukan simulasi asuransi mobil.

Asuransi mobil memiliki perhitungan sendiri dalam menentukan harga premi. Cara menghitung harga premi itu antara lain dengan mengalikan persenan dari rate OJK dengan nilai mobil Anda. Yang dimaksud dengan nilai di sini bukan hanya mengenai harga pembelian atau harga pasar penjualan mobil Anda pada saat itu saja, tapi juga dilihat dari kondisi keseluruhan si mobil.

Berikut kondisi keseluruhan yang mempengaruhi premi asuransi mobil:

1. Usia
Usia mobil dihitung dari tahun mobil tersebut diproduksi. Semakin tua usia mobil maka semakin tinggi pula nilai preminya. Hal ini dikarenakan resiko yang juga semakin tinggi.

2. Nomor plat
Nomor plat berpengaruh di sini karena merupakan wilayah mobil tersebut dioperasikan, khususnya kota mobil tersebut digunakan. Wilayah yang terlihat lebih beresiko (bisa resko bencana alam dan sebagainya) memiliki rate premi asuransi mobil yang juga lebih tinggi.

3. Identitas mobil
Apa merek mobil dan apa jenis mobil itu? Merek dan jenis mobil tentunya mempengaruhi harga atau nilai mobil tersebut juga.

Ketiga hal yang saya sebutkan di atas merupakan garis besar kriteria dalam perhitungan premi asuransi mobil. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengira-ngira sendiri terlebih dahulu berapa harga premi asuransi mobil Anda sebelum Anda menerima harga tawaran dari perusahaan asuransi mobil. Anda jadi bisa menentukan apakah harga yang ditawarkan itu sudah sesuai atau belum. Kesesuaian harga ini tentunya juga harus dilihat dari jaminan apa saja yang perusahaan asuransi itu berikan. Semakin luas cakupan jaminan atau pertanggungan yang diberikan, maka ragte harga premi asuransi mobilnya juga semakin tinggi.

Baca Juga :

  1. Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Rental
  2. Simulasi Premi Asuransi Mobil Bekas
  3. Cek Perhitungan Premi Untuk Asuransi Mobil
  4. Cek Isi Polis Asuransi Mobil Yang di Berikan Kepada Anda

One thought on “Premi Asuransi Mobil; Cara Menghitung, Simulasi, Perhitungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *