Simulasi Premi Asuransi Mobil Bekas

Simulasi Asuransi Mobil
Source : assets futuready

Mobil bekas, seperti mobil baru, juga perlu mendapatkan perlindungan terbaik, juga perlu menggunakan asuransi. Hal ini dikarenakan resiko bisa terjadi kapan saja dan dimana saja dan pada “apa” saja tanpa pandang bulu, mau itu mobil bekas atau mobil baru. Resiko pada mobil bekas sendiri juga tidak kalah merugikannya dari resiko pada mobil baru. Dampak kerugian yang bisa disebabkan bisa cukup menguras kantong Anda. Oleh karena itulah, jangan sepelekan pemberian perlindungan asuransi mobil untuk mobil bekas. Apalagi jika mobil tersebut merupakan mobil kesayangan Anda, walaupun usianya sudah termasuk tua.Jika Anda setuju dengan fakta di atas atau sudah berniat untuk menggunakan asuransi dan sedang mencari asuransi yang paling tepat untuk mobil bekas kesayangan Anda, jangan lupakan pertimbangan mengenai harganya, selain tentunya mempertimbangkan kualitasnya. Ada baiknya Anda melakukan simulasi asuransi mobil terlebih dahulu guna mengetahui berapa kira-kira biaya yang harus Anda keluarkan. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa menjadi lebih hati-hati dalam memilih perusahaan asuransi dan bisa lebih mendapatkan asuransi yang benar-benar cocok dengan kebutuhan dan kemauan Anda.

Berikut ini adalah contoh simulasi asuransi mobil bekas:

  • Ketahuilah nilai mobil Anda di pasaran pada saat itu

Nilai mobil ini bukan sekedar dilihat dari berapa harga mobil itu ketika Anda membelinya, tapi berapa harga mobil itu sekarang di pasaran. Suatu harga mobil pastinya tidak akan selalu tetap bertahan di harga yang sama seiiring berjalannnya waktu. Suatu mobil pada tahun keluaran terbarunya bisa saja mencapai empat ratus juta, namun dua tahun kemudian harganya bisa saja turun dari harga tersebut.

  • Hitung harga premi dengan mengalikan rate dari OJK

Simulasi asuransi mobil yang bisa dilakukan setelah itu adalah dengan melakukan perhitungan langsung. Kalikan rate OJK dengan nilai mobil yang sudah Anda ketahui sebelumnya. Untuk mengetahui rate yang berupa persenan asuransi ini, Anda bisa mencari informasinya melalui internet.

  • Ketahui prinsip-prinsip dasar asuransi

Pada dasarnya, asuransi mempunyai prinsip: semakin yang dipertanggungkan ini beresiko, maka semakin tinggi juga harga preminya. Resiko bisa dilihat dari usia (semakin tua semakin tinggi harganya), dari wilayah (semakin beresiko suatu wilayah semakin tinggi harganya), dari kondisi mobil (semakin mengkhawatirkan kondisinya semakin tinggu pula rate harganya).

Dari ketiga hal tersebut, Anda bisa mengira-ngira berapa harga premi asuransi mobil bekas Anda di simulasi asuransi mobil. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami rugi karena harus membayar harga premi tersebut secara rutin karena pada dasarnya asuransi dibuat untuk menghindarkan Anda dari kerugian, bukan sebaliknya. Lagipula, premi asuransi mobil yang harus Anda bayarkan itu hanyalah sebagian kecil dari penghasilan Anda saja untuk perlindungan yang maksimal.

Baca Juga :

  1. Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Rental
  2. Cek Perhitungan Premi Untuk Asuransi Mobil
  3. Cek Isi Polis Asuransi Mobil Yang Diberikan Kepada Anda

2 thoughts on “Simulasi Premi Asuransi Mobil Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *